Sahabat Cipta Foundation

Pelajaran

Jika Pemerintah secara aktif terlibat, hasilnya bisa besar

Melaksanakan program pembangunan hanya menghasilkan sesuai dengan anggaran dan waktu yang memungkinkan ketika kita melakukannya tanpa keterlibatan pemerintah. Jumlah penerima manfaat mencapai dan dampak dari intervensi yang dilakukan terbatas pada anggaran dan waktu yang tersedia untuk suatu program.

Sementara kegiatan dapat diselesaikan dalam satu tahun, dampaknya hanya bisa dilihat setelah penerima manfaat dan pemangku kepentingan terkait bekerja sama selama bertahun-tahun dalam menerapkan praktek-praktek yang baik atau sistem halus diperkenalkan oleh intervensi. Masalah umum dalam program pembangunan adalah bahwa penerima manfaat dan pemangku kepentingan terkait tidak menerapkan apa yang mereka telah dilatih untuk, ketika mereka tidak disertai dalam melakukannya. Oleh karena itu, dampaknya tidak terwujud.

Satu pemangku kepentingan kunci dalam pengembangan komunitas atau sektor ekonomi pemerintah. Menjadi pembuat kebijakan, pemerintah memainkan peran kunci untuk membentuk lingkungan yang mendukung bagi satu sektor yang tumbuh.

Ambil contoh pengembangan sektor kacang mete di satu provinsi. Kebanyakan kacang mete yang dihasilkan oleh petani Indonesia adalah yang diekspor mentah ke prosesor internasional. Jika pemerintah terlibat dengan memperkenalkan kebijakan melarang atau membatasi ekspor mete mentah, kebijakan tersebut akan memaksa pemain untuk melakukan pengolahan dan mengembangkan usaha pengolahan di provinsi ini. Dengan keterlibatan tersebut dari pemerintah, program ini dapat memperkenalkan pengolahan mete untuk menargetkan penerima manfaat sehingga mereka dapat menjadi petani dan pengolah. Kegiatan baru ini tidak hanya menyediakan petani dengan sumber pendapatan baru, tetapi juga pendapatan berpotensi tinggi. Karena harga kacang mete jauh lebih tinggi dari kacang mete mentah.

Contoh di atas akan menampilkan dampak besar keterlibatan pemerintah tersebut. Kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah telah menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan usaha pengolahan kacang mete, yang memberikan penghasilan tambahan dan lebih tinggi untuk petani. Perubahan ini dapat mendorong petani lain dan penyedia layanan untuk memasuki sektor mete. Sementara program ini hanya bisa melatih dan membimbing seribu petani, misalnya, dengan keterlibatan pemerintah, dampaknya dapat mencapai setidaknya dua kali karena lebih banyak pelaku usaha yang tertarik.

 

Melihat adalah percaya

Petani kecil memiliki prinsip percaya dengan sopan. Mereka diam-diam akan mendengarkan tanpa menyelidiki apa pun yang anda katakan. Ketika mereka bertanya sebuah pertanyaan, itu karena mereka tidak mengerti. Bukan karena mereka ingin menantang ide-ide Anda. Jadi, melakukan pelatihan atau workshop, adalah bagian mudah dari pekerjaan..

Tantangannya adalah membuat mereka menghasilkan apa yang anda inginkan dari mereka, karena anda percaya bahwa itu baik bagi mereka. Ini adalah bagian yang sulit dari pekerjaan. Karena mereka biasanya tidak akan melakukannya, jika tidak pernah sebelumnya mereka percaya itu benar. Dan mereka akan percaya ketika mereka melihat bukti.

Oleh karena itu, pada awalnya, anda hampir selalu melakukannya sendiri. Jika anda dapat menemukan satu atau dua petani yang bersedia untuk melakukannya dengan anda untuk pertama kali, anda beruntung. Itulah sebabnya mengapa kita selalu menempatkan plot demo sebagai salah satu kegiatan intervensi kami. Untuk memberikan bukti bahwa kita tidak hanya berbicara basa-basi. Bahwa apa yang kita katakan itu benar. Bahwa hal itu dapat dilakukan, dan memberikan hasil seperti yang dijanjikan. Setelah semuanya berlalu, perbuatan berbicara lebih keras daripada kata-kata.

Bergabunglah Dengan Kami

Hubungi Kami

Sahabat Cipta Foundation

Jl. Mampang Prapatan XIV No. 47

Jakarta 12790, Indonesia

Tel. +62 21 7919 8690

Fax. +62 21 7919 8691

info@sahabatcipta.or.id

Anda disini: Beranda Kisah Pelajaran