Sahabat Cipta Foundation

Petani kakao binaan CocoBest berguru ke Abdya

ACEH BARAT DAYA – Meningkatkan kualitas tanaman kakao, sekitar 38 petani dari tiga Kabupaten di Aceh, yakni Aceh Tenggara, Aceh Selatan dan Gayo Lues yang merupakan binaan Yayasan Sahabat Cipta Aceh, melakukan studi banding di pusat pengembangan entres kakao, Dusun Simpang Gadeng, Gampong Pantee Cermin, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

“Mereka ini semua pengurus kelompok tani kakao dari tiga Kabupaten, kami kesini selain untuk peningkatan kelembagaan petani, juga belajar cara pemasaran biji kakao bersama serta peninjauan kebun entres milik kelompok tani kakao mekar ini” ujar Manager Proyek CocoBest Yusdahema kepada AJNN di kebun entres kakao milik kelompok Mekar, Babahrot Selasa, (11/11) kemarin.

Jamrin, petani kakao dari Kabupaten Gayo Lues mengakui sebelum bergabung dalam program CocoBest Yayasan Sahabat Cipta, melakukan penanaman kakao di daerahnya secara biasa, karena sebelumnya kami tidak mengetahui tentang sambung pucuk. Namun setelah kami melihat langsung kondisi kakao sambung pucuk disini ternyata lebih menarik.

“Banyak yang akan kami tiru dari Abdya, selain cara tanam dan perawatan kakao, kami juga meniru kekuatan kelompok dalam melakukan pemasaran biji kakao bersama,” kata Jamrin.

Pantauan AJNN dilapangan, puluhan petani kakao yang berasal dari tiga kabupaten di Aceh itu mendapat bimbingan teknis dari Kepala Bidang PPHP Dishutbun Abdya, Akmansyah, ST selaku narasumber memaparkan tentang tatacara pengembangan komoditi kakao yang baik, mulai dari pembudidayaan , peremajaan serta perawatan, proses tanam hingga pemasarannya.

Dalam acara tersebut, selain peserta studi banding dan anggota kelompok tani kakao. hadir juga plt Kadis Dishutbun Abdya Herman Suryadi bersama dengan sejumlah stafnya.

Source: http://www.ajnn.net/2014/11/%E2%80%8Bpetani-kakao-binaan-cocobest-berguru-ke-abdya/

Bergabunglah Dengan Kami

Hubungi Kami

Sahabat Cipta Foundation

Jl. Mampang Prapatan XIV No. 47

Jakarta 12790, Indonesia

Tel. +62 21 7919 8690

Fax. +62 21 7919 8691

info@sahabatcipta.or.id

Anda disini: Beranda Berita Arsip Petani kakao binaan CocoBest berguru ke Abdya