Sahabat Cipta Foundation

Carrefour Indonesia: 3 universitas diajak ikut program capacity building

JAKARTA: Carrefour Indonesia melakukan program pembinaan dan pendampingan (capacity building) bagi usaha kecil dan menengah di Indonesia di 7 Kota di Indonesia sepanjang 2012-2013 menggandeng tiga perguruan tinggi negeri dan swasta.

 “Program Capacity Building bertujuan untuk memberikan peningkatan kapasitas para pelaku UKM di Indonesia, seperti peningkatan pengetahuan bisnis UKM, penguatan skala usaha yang sudah berjalan, perluasan jaringan, kesempatan mendapatkan akses mikro-kredit serta pengembangan usaha dengan dukungan teknologi informasi (IT)”, ujar Hendrik Adrianto, Head of External Communication and Corporate Social Responsibility PT Carrefour Indonesia, hari ini 8 Februari 2012.

Berbicara pada sosialisasi program itu di Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Hendrik menjelaskan Program Capacity Building terselenggara atas kerjasama antara Carrefour Foundation Prancis, Carrefour Indonesia, Yayasan Sahabat Cipta serta dan tiga universitas dan dilaksanakan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makasar, Palembang, dan Yogyakarta.

“Sebagai Pilot Project di tahun 2012, program ini akan diadakan di 3 kota, yaitu di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Di Jakarta akan bekerja sama dengan Universitas Indonesia, di Bandung dengan Universitas Parahiyangan, di Surabaya dengan Universitas Airlanga dengan dukungan penuh oleh Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia,” tambahnya.

Progam ini secara Nasional direncanakan akan dibuka secara resmi di Gedung SMESCO UKM pada pertengahan Maret 2012 sejalan dengan Gerakan kewirausahaan dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Kegiatan sosialisasi pertama ini dihadiri sekitar 200 UKM di sekitar Jakarta Selatan dan Depok.

Setelah disaring dengan kriteria khusus, maka akan dipilih menjadi sekitar 100 UKM pilihan yang akan dibina dengan program Capasity Building selama satu tahun ke depan sekaligus penandatanganan Nota Kesepahaman antara Carrefour Indonesia, UKM Center Universitas Indonesia diwakili ketuanya Nining I Soesilo dan Yayasan Sahabat Cipta untuk pelaksanaan program ini.“Kami berharap inisiatif yang dilakukan oleh Carrefour dapat memberi manfaat bagi UKM itu sendiri pada khususnya dan perekonomian Indonesia pada umumnya”, demikian tegas Adji Srihandoyo, Corporate Affairs Director PT Carrefour Indonesia.

Pembinaan terhadap UKM ini, ujarnya, sebagai bagian dari Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang mencakup pelatihan manajemen keuangan dan arus kas, membuat kemasan dan penataan produk yang menarik, serta kebersihan dan sanitasi.Pelaksanaan program bagi UKM yang berjualan di gerai Carrefour ini akan terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Adapun tahap kedua akan diadakan di Palembang, Makassar, Medan, dan Yogyakarta. Masing-masing tahap berlangsung selama satu tahun.Lebih dari 50% jumlah peserta ditargetkan lulus program ini dan akan menjadi pemasok tetap Carrefour.

Targetnya, Carrefour ingin menjadi agen pemasaran UKM-UKM tersebut sehingga produknya bisa dijual di seluruh Indonesia.Carrefour menyediakan Pojok Rakyat bagi UKM dan telah berlangsung selama satu tahun  dengan total penjualan yang berhasil dicatatkan Pojok Rakyat sampai dengan September 2011 sebesar Rp8,7 miliar. Pada tahun ini jumlah itu ditargetkan akan meningkat dua kali lipat. Carrefour memang sangat peduli terhadap perbaikan kualitas UKM karena 70% dari 4.000 pemasoknya adalah UKM. (faa)

Source: http://industri.bisnis.com/read/20120208/100/63230/carrefour-indonesia-3-universitas-diajak-ikut-program-capacity-building

Bergabunglah Dengan Kami

Hubungi Kami

Sahabat Cipta Foundation

Jl. Mampang Prapatan XIV No. 47

Jakarta 12790, Indonesia

Tel. +62 21 7919 8690

Fax. +62 21 7919 8691

info@sahabatcipta.or.id

Anda disini: Beranda Berita Arsip Carrefour Indonesia: 3 universitas diajak ikut program capacity building