Sahabat Cipta Foundation

Magang budidaya sapi potong provinsi Riau

GRATI - pada tanggal 24-26 September 2014 Yayasan Sahabat Cipta bekerjasama dengan PT. Chevron Pacific Indonesia di provinsi Riau melaksanakan kegiatan magang budidaya sapi potong di Loka Penelitian Sapi Potong. Peserta berjumlah 9 orang dari beberapa kelompok tani/ternak dibawah bimbingan Yayasan Sahabat Cipta. Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan dari kepala Lolitsapi (Dr.Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc) dan dilanjutkan dengan doa (dipimpin oleh Drs. Lukman Affandhy S).

Pada acara pembuka M. Saddam Husein, Hsb memberikan sambutan sebagai perwakilan kelompok. Dalam sambutannya beliau memberikan gambaran tentang kelompok tani/ternak provinsi Riau yang berada dibawah naungan Yayasan Sahabat Cipta.  M. Saddam Husein, Hsb  menjelaskan tujuan diadakannya magang budidaya sapi potong di Lolitsapi. 

Program pembangunan kandang ternak sapi oleh PT. Chevron Pacific Indonesia di provinsi Riau ditujukan untuk mengembangkan ilmu dan wawasan peternak. Populasi ternak sapi di provinsi Riau sebagian besar adalah sapi bali. Sistem yang akan dikembangkan antara kelompok peternak dengan Yayasan Sahabat Cipta dan PT. Chevron Pacific Indonesia adalah pembibitan. Problem yang dihadapi para peternak di kabupaten Riau dalam memelihara sapi adalah pakan ternak yang dberikan untuk ternak sapi. Provinsi Riau memiliki potensi alam berupa sawit. Hasil ikutan sawit (bungkil inti sawit, daun dan pelepah sawit, janjang kosong sawit serta lumpur sawit) yang melimpah dapat dimanfaatkan untuk pakan sapi. Hasil ikutan sawit dapat diformulasikan sedemikian rupa sebagai pakan ternak yang berkualitas dan dapat digunakan untuk meningkatkan pertambahan bobot badan ternak. 

Pada tanggal 24 September 2014 pemberian materi di kelas untuk memberi gambaran dan wawasan kepada peserta. Materi yang diberikan antara lain: Teknologi Pembuatan Pakan Ternak Berbahan Sawit (Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc dan Noor Hudhia Krishna, S.Pt.,M.Si), Peran Kelembagaan Kelompok Dalam Budidaya Sapi Potong (Jauhari Effendhi, S.Pt.,M.Si dan Tri Agus Sulistya, S.Pt), SOP Penggemukan Sapi Potong (Ir. Ainur Rasyid) dan SOP Pembibitan Sapi Potong (Dr.Aryogi).

Pada hari berikutnya tanggal 25 September 2014 peserta melaksanakan praktek dan kunjungan lapang di kandang percobaan Lolitsapi. Yudi Adinata, S.Pt.,M.Sc sebagai pengelola kandang percobaan menjelaskan beberapa kegiatan penelitian di kandang percobaan dan kandang model litbangtan. Beberapa hal yang dipelajari antara lain : praktek pembuatan pakan ternak (Dr. Yenny Nur Anggraeni dan Woro Sabana), praktek memilih bibit sapi (Peni Wahyu P, S.Pt.,MP, Ir.Ainur R, Dr. Aryogi , dan Dadang K), praktek kesehatan ternak dan perkawinan ternak (drh Yeni W, Mochammad luthfi, S.Pt dan Dadang K), praktek pembuatan Biogas dan Kompos Curah (Hilmi Panca F, S.Pt). 

Peserta kembali menuju aula pertemuan untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya yaitu materi analisis usaha sapi potong berbasis pakan sawit oleh narasumber Ir. Mariyono, M.Si dan Dr. Yenny Nur Anggraeni. Peserta dijelaskan dan diajarkan bagaiamana cara menghitung formulasi ransum pakan, keuntungan pembibitan dan penggemukan jika diterapkan di Provinsi Riau sesuai dengan pakan yang tersedia disana.

Pada hari Jum’at tanggal 26 September 2014 peserta diajak mengunjungi salah satu kelompok tani/ternak (Bangu Jaya) juara Nasional dan sekaligus merupakan kelompok binaan Lolitsapi. Tujuan kunjungan ke kelompok ternak Bangu Jaya adalah untuk menginsipirasi peserta dalam mengembangkan kelompok tani/ternak yang ada di Provinsi Riau yang nantinya akan mendapat bantuan ternak sapi bali dari PT. Chevron. 

Sebagai acara terakhir, pada tanggal 26 September 2014 Kepala Lolitsapi secara resmi menutup acara Magang Budidaya Sapi Potong dari kelompok peternak Provinsi Riau. Dalam sambutan penutupan, kepala Lolitsapi memberikan pesan bahwa acara magang ini merupakan awal untuk bisa terus mengembangkan sapi potong di provinsi Riau. Beliau juga menyampaikan bahwa dengan adanya magang yang dilaksanakan di Lolitsapi diharapkan kelompok tani/ternak bisa menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah didapat di Lolitsapi untuk memajukan dan mensukseskan peternakan di Provinsi Riau pada umumnya dan program pembibitan PT. Chevron Pacific Indonesia, yayasan Sahabat Cipta pada khususnya.

Source: http://lolitsapi.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/berita/371-magang-budidaya-sapi-potong-provinsi-riau

Get Involved with Us

Contact Us

Sahabat Cipta Foundation

Jl. Mampang Prapatan XIV No. 47

Jakarta 12790, Indonesia

Tel. +62 21 7919 8690

Fax. +62 21 7919 8691

info@sahabatcipta.or.id 

You are here: Home News Archive Magang budidaya sapi potong provinsi Riau